Kamis, 17 Maret 2011

Lomba SEG4 Pangkalan SMP Negeri 7 Bekasi

PETUNJUK PELAKSANAAN SEG4 2011

SEVEN’s GAME IV (SEG4 2011) RAKARAPATI

PENDAHULUAN ::
Gerakan Pramuka telah teruji oleh sejarah sebagai Organisasi yang mampu bertahan dalam dinamika segala zaman untuk mengambil peran sebagai organisasi pendidikan watak dan karakter dibanyak Negara termasuk di Indonesia. Tahun ini Gerakan Pramuka akan memasuki Tahun Emas (50 Tahun) semenjak dipersatukan pada tahun 1961.
Saat ini pun landasan hukum Gerakan Pramuka telah berubah dari setingkat Keputusan Presiden menjadi Undang Undang (No.12 tahun 2010). Kwartir Nasional telah dan terus akan melaksanakan langkah langkah besar pada porsinya untuk terus mengembangkan Gerakan Pramuka, pun dukungan dari Pemerintah yang semakin besar. Maka kita sebagai penggerak di gugus depan juga harus tetap berinovasi dan berimprovisasi dengan tetap memegang teguh prinsip dasar untuk terus menggolorakan Kepramukaan, mensyi’arkan semangat kepramukaan.
Oleh karena itu, SEVEN’s GAME IV (SEG4) adalah kegiatan kompetisi kepramukaan yang dirancang untuk bisa berkontribusi dalam hal tersebut diatas. Dengan berada di Pusat Keramaian Masyarakat para Pramuka Penggalang dan Penegak akan memperlihatkan betap menyenangkan bergabung didalam kepramukaan dengan segala kegiatannya yang beragam dan mendidik.

NAMA KEGIATAN ::
SEVEN’s GAME IV selanjutnya disingkat SEG4

WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN ::
Insya Allah SEG4 akan diselenggarakan di BEKASI SQUARE MALL pada hari MINGGU tanggal 15 Mei 2011

TEMA ::
“Scouting Competition for Culture and Technology Inovation”

MOTTO ::
“Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan”

PESERTA ::
Peserta adalah Penggalang di tingkat Sekolah Dasar, Penggalang di tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Penegak baik berpangkalan di sekolah ataupun territorial Se-Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten, ataupun undangan khusus dari luar daerah tersebut.

PENDANAAN ::
Kegiatan ini dibiayai dari sumber sebagai berikut:
• Kas Gudep RAKARAPATI
• Bantuan dari Mabigus SMPN 7 Kota Bekasi
• Donatur dan Sponsor
• Unit-unit Usaha RAKARAPATI
• Swadaya Peserta

KETENTUAN UMUM KEGIATAN ::

A. Persyaratan Peserta
1. Anggota Pramuka Aktif di gugus depannya dibuktikan dengan Kartu Tanda Anggota yang masih berlaku
2. Menyerahkan Surat Mandat dari Ka.Mabigus/Ka.Gudep masing masing.
3. Sanggup Mentaati Ketentuan, Tata Tertib dan Semangat Kegiatan
4. Personil terdiri dari :
• Penggalang (SD) | 1 Regu = 8 Orang
• Penggalang (SMP) | 1 Regu = 8 Orang
• Penegak | 1 Sangga = 6 orang
5. Membayar Fee Kegiatan sebagai berikut :
• Penggalang (SD) | IDR 100.000,- / regu
• Penggalang (SMP) | IDR 120.000,- / regu
• Penegak | IDR 100.000,-/sangga

B. Mekanisme Pendaftaran
1. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 3 Maret 2011 sampai dengan saat jumpa teknis pada tanggal 17 April 2011 atau saat kuota maksimal terpenuhi.
2. Peserta bisa melakukan booking dengan cara sebagai berikut :
VIA SMS ke Contact Person | dengan cara ketik : DAFTAR(spasi) GUDEP(spasi) PANGKALAN(spasi) KWARCAB ASAL(spasi) NOMOR HP KONFIRMASI(spasi) MENGINAP/TIDAK MENGINAP
VIA E-Mail | ke : rakarapati@yahoo.com , dengan mengirimkan data nama gudep, pangkalan, asal kwarcab, jumlah regu, menginap/tidak menginap.
3. Pendaftaran bisa datang langsung ke Sanggar Pramuka SMP Negeri 7 Kota Bekasi pada waktu waktu sebagai berikut :
• Senin – Jum’at (14.00 – 16.30 WIB)
• Sabtu (10.00 – 17.00 WIB)
• Minggu (10.00 – 17.00 WIB)
*diharapkan bisa membuat janji dahulu kepada contact person.
4. Ketentuan pendaftaran lain akan dijelaskan pada petunjuk teknis

C. Syarat Peserta
1. Peserta wajib melakukan registrasi ulang, dengan ketentuan sebagai berikut;
2. Registrasi Ulang untuk daerah Kota/Kab. Bekasi, dan yang menginap dibuka dari pukul 06.00-07.00 WIB, (peserta yang jauh diberi toleransi sampai 07.30 WIB)
3. Registrasi memperlihatkan Kwitansi Bukti Pembayaran/ttransfer serta menyerahkan kelengkapan peserta yang up-date, bila ada perubahan formasi personil regu.
4. Setelah registrasi ulang akan mendapatkan Nomor Peserta
5. Peserta wajib mengenakan Nomor Peserta sampai Upacara Penutupan selesai.
6. Setiap regu didampingi oleh Pembina Pendamping/Instruktur Muda yang sesuai dengan Surat Mandat Gugus Depan.
7. Pembina Pendamping wajib mengenakan Seragam Pramuka.
8. Peserta Wajib mengikuti Upacara Pembukaan dan Apel Penutupan Kegiatan dengan tetap menggunakan Tongkat Regu dan panji regu.
9. Peserta diharapkan tidak membawa banyak barang
10. Panitia, Peserta, Kru Sponshor, Pers dan Pendamping/Suporter bekerjasama menjaga kebersihan , ketertiban dan keamanan di areal kegiatan.
11. Panitia, Peserta Kru Sponshor, Pers dan Pendamping/Suporter serta seluruh komponen terkait yang hadir pada saat kegiatan wajib memperhatikan norma-norma kesopanan dan kesusilaan dalam berpakaian, berbicara dan bertingkah laku di areal kegiatan.
12. Demi mendukung pembinaan, diharapkan pula untuk TIDAK MEROKOK di Areal Kegiatan selama kegiatan berlangsung.
13. Peserta dan Pendamping/Suporter, Dilarang Keras :
• Membawa Obat-obatan terlarang, Senjata Tajam, Media Pornografi dan segala sesuatu yang mengganggu atau membahayakan peserta lain atau tidak ada korelasinya dengan kegiatan.
• Melintasi zona-zona privasi panitia dan kegiatan. (terdapat tanda khusus)
• Mengundang keributan dan perselisihan.
14. Untuk para peserta yang menginap :
• Menjaga ketertiban
• Menghormati pemberlakukan jam malam (mulai pukul 22.30 – 04.00 WIB)
• Keluar-masuk WAJIB izin pada panitia
• Selalu mengenakan Kartu Tanda Bermalam
15. Apabila ada kerusakan property tempat kegiatan akibat kelalaian peserta, maka pangkalan yang mengirim peserta tersebut harus mengganti.
16. Keputusan Akhir Dewan Juri dan Panitia bersifat Mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
17. Memburuknya kondisi cuaca mengakibatkan perlombaan akan dibatalkan dan akan diundur selama sepekan di waktu dan tempat yang akan ditentukan.
18. Tata Tertib dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada setelah melalui pemberitahuan kepada seluruh peserta.
19. Setiap pelanggaran akan dikenakan sanksi bertingkat, melalui:
• Peringatan Interpersonal
• Peringatan yang dilakukan secara umum
• Sangsi Pengurangan Nilai
• Sangsi Diskualifikasi dari Lomba
20. Hal-hal lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini akan ditentukan kemudian pada saat Jumpa Teknis.
21. Selamat Berjuang !!!

D. Materi Lomba

Penggalang (SD)
1. Pintar Kata Rahasia
Jumlah Personil : 2 orang
Waktu : 30 menit
Keterangan : Menterjemahkan sandi-sandi
2. Brain Of Scout (BOS)
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : 45 menit
Keterangan : Memecahkan soal terkait dengan pengetahuan kepramukaan,
Pengetahuan umum, teknologi & akademik
3. KIM
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : disesuaikan
Keterangan : KIM Dengar dan KIM Lihat
4. PPGD
Jumlah Personil : 2 Orang
Waktu : 15 Menit
Keterangan : Menjawab soal tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat & mengerjakan tandu
5. Cinta Budaya
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : disesuaikan
Keterangan : Menjawab pertanyaan tentang budaya Indonesia
6. Fun Games
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : disesuaikan
Keterangan : Lomba berupa permainan yang akan disampaikan pada hari H

Penggalang (SMP)
1. Pioneering
Jumlah Personil : 3 orang
Waktu : 25 menit
Keterangan : Mengerjakan salah satu bentuk Pioneering sederhana dan Membuat tandu darurat
2. Knowledge
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : 30 menit
Keterangan : Memecahkan soal terkait dengan pengetahuan kepramukaan, Pengetahuan umum, kebudayaan, teknologi & akademik

3. Secret Code
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : 20 menit
Keterangan : Menterjemahkan sandi, morse bunyi dan cahaya, semaphore
4. Information Technology
Jumlah Personil : 2 orang
Waktu : 30 menit
Keterangan : Menjawab pertanyaan tentang IT
5. Art and Culture
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : disesuaikan
Keterangan : Menjawab pertanyaan terkait kebudayaan
6. Yell
Jumlah Personil : 16 orang (gabungan antara regu putra dan putri)
Waktu : 4 menit
Keterangan : Menampilkan gerak, lagu dan teriakan penyemangat di panggung

Penegak
1. Photo Rally
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : 90 menit
Keterangan : Mengambil objek foto disekitar kegiatan
2. High-Quality Rover Scout
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : disesuaikan tiap babak
Keterangan : Akan diuji tentang wawasan kepramukaan, pengetahuan Umum, teknologi dan budaya
3. Miniatur Rumah Adat
Jumlah Personil : 2 orang
Waktu : 120 menit
Keterangan : Membuat miniatur rumah adat. Bahan dan Alat Bebas.
4. Kaligrafi
Jumlah Personil : 1 Orang
Waktu : 120 Menit
Keterangan : Membuat Kaligrafi dengan media diatas kaca.
5. Essay
Jumlah Personil : 1 orang
Waktu : 90 menit
Keterangan : Membuat Essay, tema akan diberikan saat hari H.
Peserta membawa laptop sendiri

E. Penghargaan
• Piagam Penghargaan untuk masing-masing peserta & Pembina pendamping
• Tanda Ikut Serta Kegiatan (TISKA)
• Trophy untuk masing-masing mata lomba
• Trophy Bergilir untuk regu/sangga berprestasi tinggi
• Trophy Bergilir untuk Pangkalan berprestasi tinggi
• Dana Pembinaan Regu/Sangga
• Trophy Hiburan

JUMPA TEKNIS ::
Hari, Tanggal : 17 April 2011
Waktu : G (SD) | 10.30 WIB
G (SMP) | 13.00 WIB
T | 16.00 WIB
Tempat : Bekasi Square Mall

PENUTUP ::
Demikian Petunjuk Pelaksanaan ini kami buat sebagai acuan kakak untuk dapat memulai persiapan, hal-hal lain yang lebih teknis akan disampaikan pada petunjuk teknis dan pada saat jumpat teknis.
Mekanisme dan mata lomba dapat sewaktu-waktu berubah jika ada kendala teknis yang diluar kendali panitia dikarenakan kegiatan ini bekerjasama dengan pihak pengelola mall, namun demikian perubahan akan disampaikan selambat-lambatnya pada saat jumpa teknis.
Selamat Berlatih.
Bekasi, 1 Maret 2011
Sangga Kerja SEG4 2011

ttd

F A K H R I

Kontak Person :
• Fakhri | 021-93986132
• Rhadiansyah | 0857 8171 8178
• Amalia | 0857-82648040
• E-Mail/FB | rakarapati@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cobra & Lily

Cobra & Lily